Para pebisnis online yang kerap kali membuat content marketing di beberapa media sosial seperti Instagram maka wajib mengetahui dan memahami isi konten tersebut dengan baik. Karena selain bisa meningkatkan kreativitas dalam bisnis digital, cara ini juga ampuh dalam meningkatkan penjualan produk secara online. Untuk itu Anda perlu melihat beberapa referensi contoh content marketing di Instagram sebelum membuat konten tersebut secara langsung.
Setidaknya dalam pembuatannya content marketing yang baik dan berkualitas tentunya pasti memerlukan beberapa ide segar, sehingga bisa menghasilkan konten yang maksimal. Apalagi dengan dukungan era digital saat ini maka pemasaran tidak hanya dilakukan secara offline saja namun juga online yang pada umumnya memanfaatkan media sosial, untuk itu yuk simak beberapa contoh kontennya berikut ini!
Pengertian Beserta Contoh Content Marketing di Instagram
Bagi Anda yang ingin memasarkan produk dengan content marketing melalui platform media sosial berupa Instagram, yuk simak penjelasan contohnya berikut ini!
Pengertian Content Marketing
Definisi dari content marketing adalah suatu strategi pemasaran dengan pembuatan konten yang relevan dan konsisten dengan tujuan menarik perhatian para audiens atau para pelanggan sehingga bisa mendapatkan respon yang diharapkan.
Oleh karena itu, suatu konten dibuat tidak hanya sekedar membuat konten biasa namun terdapat suatu target tertentu yang diharapkan mampu mencapai tujuan dari konten yang telah dibuat.
Selain itu dalam content marketing yang baik harus bisa menciptakan perasaan butuh atau menginginkan adanya audiens sehingga bisa membuat mereka penasaran. Dengan begitu maka bisa membuat kedekatan emosi antara para audiens dengan suatu konten dan brand yang telah dibuat tersebut.
Jadi perlu Anda ketahui sebelum membuat content di platform media sosial seperti Instagram, dimana yang menjadi kunci keberhasilan sebuah content marketing selain visual yang bagus maka sebuah konsistensi juga perlu dipertahankan.
Karena jika Anda berhasil memposting konten dengan konsisten maka bisa membuat para audiens menyadari akan kehadiran konten dan suatu brand tersebut, bahkan bisa juga mereka akan menunggu sampai adanya konten terbaru. Jika sudah pada tahap tersebut maka bisa dibilang konten dan strategi content marketing yang Anda buat dinyatakan telah berhasil.
Contoh Pembuatan Content Marketing di Instagram dengan Benar
Setelah mengetahui tentang apa itu content marketing maka selanjutnya Anda harus bisa memahami contoh content marketing di Instagram yang baik dan benar.
Dengan pembuatan strategi content marketing yang tepat maka bisa mendatangkan keuntungan bisnis yang lebih banyak, oleh karena itu Anda harus membuat inovasi strategi yang benar – benar efektif dan efisien, agar bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.
Dimana pada umumnya sebuah content marketing yang baik dan berkualitas tentunya memiliki isi konten yang diawali dengan pengenalan, konten branding, dan konten penjualan. Secara umum konten pengenalan tersebut berisi konten yang bisa menjawab berbagai pertanyaan apa, siapa, dan bagaimana bisnis tersebut bisa menjadi solusi untuk permasalahan target pada market.
Kemudian pada konten konten branding dimana menjadi tempat dan sarana untuk mengenalkan suatu produk dan membangun citra brand dengan baik di mata para audiens. Tahap terakhir pada bagian konten penjualan biasanya berisi tentang konten yang mendorong para pelanggan untuk melakukan transaksi pembelian.
Dengan ketiga jenis konten tersebut maka Anda bisa mendorong para calon audiens untuk melakukan transaksi pembelian, dan begini beberapa penjelasan contoh content marketing di Instagram yang juga berisi hal pokok dari ketiga konten tersebut.
Contoh Konten yang Informatif
Pertama adalah contoh konten yang bersifat informatif adalah konten yang paling umum dibuat untuk content marketing. Karena dengan konten informatif ini para calon pelanggan bisa mendapatkan berbagai informasi termasuk tentang apa, siapa, dan bagaimana bisnis Anda bisa menjadi solusi bagi target market.
Jadi Anda bisa membuat berbagai macam konten informatif salah satunya seperti konten dengan jenis infografik karena jenis tersebut paling umum digunakan, karena dengan infografik Anda bisa memasukkan berbagai informasi yang penting sehingga para audiens tidak bosan saat membacanya. Hal itu karena jenis konten infografik ini tidak hanya bisa dibuat dalam bentuk gambar saja namun juga bisa dalam bentuk video.
Dimana konten berupa video tersebut bisa berisi beberapa infografik dan ditambahkan dengan voice over berisi penjelasan terkait dengan dengan informasi yang Anda masukkan. Jadi nantinya dalam konten informatif ini Anda bisa membuat dengan isian konten yang berupa tips sehari – hari, informasi terupdate, da bahkan profil bisnis Anda.
Selain itu dalam pembuatannya Anda bisa tidak hanya berfokus pada pengenalan saja, namun Anda juga menyisipkan CTA (Call To Action) didalamnya, atau bisa memasukkan informasi link pembelian dan kontak yang bisa dihubungi pada bagian akhir konten tersebut. Misalkan jika Anda mengunggah gambar infografik di Feed, maka bisa menuliskan informasi kontak lengkap pada bagian akhir caption.
Konten Berisi Review Produk Berupa Foto atau Video
Selain itu juga terdapat content marketing di Instagram yang banyak dipakai yaitu berupa konten yang berisi review produk, yang bertujuan agar audiens mengetahui tentang produk yang dijual. Oleh karena itu Anda bisa mencoba jenis konten ini karena dengan adanya review produk maka para audiens bisa lebih mengenal produk yang dijual sehingga mereka lebih yakin untuk melakukan transaksi pembeliannya.
Untuk membuatnya Anda bisa mengisi konten dengan foto atau video yaitu ambil gambar dalam berbagai sudut untuk memperlihatkan produk dengan detail agar calon customer bisa melihat secara detail produk tersebut.
Konten Berisi Foto dan Video Tutorial
Jenis konten tutorial cukup digunakan dalam content marketing di berbagai platform e – commerce online, dimana dengan konten ini isinya sangat membantu para audiens dalam memahami suatu hal terutama dalam penggunaan suatu produk secara step – by- step.
Pada umumnya jenis konten ini banyak sekali digunakan oleh para pemilik bisnis yang bergerak di bidang beauty fashion, kecantikan, atau home decor. Apalagi saat ini telah didukung dengan fitur terbaru yaitu Intagram Reels yang bisa memudahkan Anda dalam membuat video tutorial yang lebih banyak sehingga bisa berpeluang menjadi konten trending dalam waktu yang cepat.
Konten Berisi Foto dan Video Behind the Scenes
Jenis konten yang berisi review dan aktivitas di balik layar atau Behind the Scenes juga termasuk salah satu contoh content marketing di Instagram yang juga menjadi favorit banyak orang karena semua orang bisa melihat apa yang terjadi di balik layar. Selain itu dengan memperlihatkan aktivitas beberapa aktivitas di balik layar maka bisa membuat para pelanggan bisa lebih dekat seolah melihat secara langsung aktivitas tersebut.
Jadi Anda bisa membuat konten ini dalam bentuk video atau foto dengan mengunggah aktivitas para tim saat bekerja atau bahkan proses produksi barang atau bisa juga memperlihatkan proses saat pengambilan foto produk. Dengan begitu para pelanggan bisa memahami perjuangan yang dilakukan oleh pemilik bisnis dan bahkan banyak orang akan lebih percaya kepada brand karena bisa melihat aktivitas secara live.
Konten Berisi Repost Foto Pelanggan atau Testimoni Saat Menggunakan Produk
Menurut perhitungan data dan para ahli dengan adanya konten berupa UGC (User Generated Content) yang telah dipercaya bisa meningkatkan penjualan dan juga memperkuat branding produk, karena disini para audiens ikut andil dalam mempromosikan produk Anda.
Salah satunya contohnya yang bisa dilihat adalah repost video atau foto dari pelanggan yang menggunakan produk atau jasa dari Anda itulah contoh konten UGC yang paling umum digunakan. Selain itu Anda bisa membuatnya dengan cara meminta pelanggan untuk membuat testimoni berupa foto atau gambar setelah menggunakan produk dan bahkan Anda bisa memberikan tawaran diskon tambahan setelah mereka melakukan hal tersebut.
Nah itulah beberapa penjelasan contoh content marketing di Instagram yang bisa Anda coba buat untuk memasarkan dan meningkatkan penjualan produk atau layanan dari bisnis Anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.