1. Definisi
Terms of service adalah rangkaian persetujuan yang dibuat untuk klien oleh pihak perusahaan untuk memastikan kesepakatan yang terjadi tidak menimbulkan kesalahpahaman. Rangkaian Terms of service wajib diikuti oleh klien yang memesan layanan di Mediapenulis. Terms of service yang tidak diikuti oleh klien berarti tidak bisa dilakukan pengerjaan layanan oleh tim Mediapenulis.
- Brief adalah Petunjuk singkat kerja, brief digunakan oleh writer untuk mengetahui arahan yang berupa anjuran atau batasan pengerjaan artikel.
- Klien adalah orang yang menerima jasa dari kami
- Keyword adalah kata kunci yang digunakan sebagai kata pengoptimalan di mesin pencari
- Meta deskripsi adalah cuplikan artikel berjumlah kurang dari 150 kata yang digunakan untuk ditampilkan pada kolom SERP
- LSI keyword adalah kata-kata atau kalimat yang dianggap relevan secara semantik oleh mesin pencari
- Riset keyword adalah proses pencarian keyword potensial untuk ditulis dalam artikel
- Yoast SEO adalah tools system untuk mengukur seberapa SEO artikel yang ditulis
- Keyword highlighting adalah pemberian tanda highlight pada keyword sehingga letaknya bisa diketahui oleh klien
- CMS adalah kepanjangan dari content management system adalah sistem yang digunakan untuk memanajerial konten website bisa berupa blogger, wordpress dll
- Gambar Fitur adalah gambar utama yang menjadi ilustrasi isi artikel secara keseluruhan
- Custom gambar fitur adalah pemberian gambar fitur berupa desain original dengan tambahan watermark pemilik website serta pemberian tanda judul artikel pada desain tersebut
- Long tail keyword adalah pengembangan dari keyword utama
2. Kewajiban Mediapenulis adalah
- Menulis artikel sesuai brief dan kuantitas yang disepakati
- Memastikan kualitas artikel dari sisi kebahasaan, keorisinilitasan dan juga kualitas upload
- Melakukan komunikasi aktif terhadap klien
- Menyediakan layanan untuk koreksi apabila ditemukan ketidaksesuaian dalam produk artikel yang dihasilkan (penjelasan tentang layanan koreksi akan dijelaskan lebih lanjut)
3. Kewajiban Klien
- Memberikan informasi dengan sejelas-jelasnya sebelum penulisan artikel dimulai
- Melakukan komunikasi aktif terhadap admin Mediapenulis
- Melakukan pembayaran baik itu dalam bentuk prepayment maupun pelunasan
4. Proses Pemesanan Artikel
- Proses pemesanan artikel adalah melalui link pemesanan yang ada di website Mediapenulis.id (https://mediapenulis.id/form-pemesanan-artikel/)
- Pemesanan bisa dilakukan melalui whatsapp ke nomor whatsapp (0838-9368-8976)
- Proses pemesanan akan difollow up melalui whatsapp oleh tim admin Mediapenulis
5. Pembayaran Pekerjaan penulisan
- Mediapenulis melakukan pekerjaan ketika pihak klien melakukan pembayaran prepayment sebagaimana ketentuan di bawah ini :
- Pembayaran di atas Rp2.000.000 minimal prepayment adalah 75%
- Pembayaran di atas Rp500.000 minimal prepayment adalah 50%
- Pembayaran di antara Rp200.000 – Rp500.000 minimal prepayment adalah 30%
- Pembayaran di bawah Rp200.000 bisa melakukan pembayaran di belakang pasca pengiriman (tidak berlaku untuk pelanggan baru)
- Kesepakatan prepayment bisa berubah sesuai kesepakatan klien dan pihak Mediapenulis
- Proses pengerjaan dilakukan ketika antrian pada database kepenulisan masih tersedia
- Proses pengerjaan H+1 sejak pembayaran prepayment adalah riset topik, briefing penulis dan juga persiapan tools pendukung
- Proses pengerjaan H+2 adalah penulisan artikel sampai dengan kuantitas artikel selesai semua
- Proses penulisan termasuk juga dalam proses pengecekan plagiat oleh penulis.
- Proses pengiriman drive adalah H+4, yang mana artikel akan diupload secara otomatis di drive
- Rangkaian waktu di atas bisa berubah menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada, setiap ada perubahan pihak admin Mediapenulis akan menginformasikan kepada pihak klien
- Total kuantitas artikel akan dikirim sesuai dengan tenggat waktu yang disepakati
- Proses pengecekan oleh klien disepakati adalah 2 hari
- Setelah proses pengecekan, klien wajib membayarkan payment yang sudah disepakati.
5. Layanan Koreksi Artikel
- Untuk memberikan kepuasan pelanggan, Mediapenulis menyediakan layanan koreksi pada artikel yang ditulis
- Layanan koreksi tidak berlaku pada artikel yang berbeda dengan kesepakatan brief awal
- Apabila terdapat perubahan pada brief dan sebagian artikel sudah dikerjakan maka layanan koreksi tidak berlaku pada artikel yang sudah dikerjakan tersebut.
- Layanan koreksi berlaku untuk artikel sebagai berikut :
- Konten mayoritas plagiat / duplikat dengan dibuktikan lewat pengecekan melalui tools cek plagiat (di atas 90%) (pengecekan plagiat tidak berlaku menggunakan 1text)
- Konten dengan pembahasan sesat, bertentangan dengan ajaran norma, rasis, dan menjerumuskan ke hal-hal buruk
- Konten tidak sesuai dengan fakta di lapangan
- Konten tidak sesuai dengan brief yang disepakati
- Konten plagiat tidak berlaku pada kondisi teks yang tidak bisa dilakukan paraphrase seperti (lirik lagu, ayat kitab suci, peraturan perundangan, regulasi, syair, puisi dan lain-lain.
- Maksimal melakukan layanan koreksi adalah H+7 sejak pengiriman artikel. Di luar waktu yang ditetapkan, layanan koreksi tidak berlaku.
- Layanan koreksi artikel tidak berlaku bagi klien yang tidak puas terhadap keterbacaan maupun pembahasan tanpa alasan yang jelas.
- Layanan koreksi artikel tidak berlaku bagi klien yang ingin merubah keyword/tema dari suatu artikel karena akan merubah keseluruhan artikel
- Layanan koreksi artikel tidak berlaku bagi klien yang ingin merubah pembahasan dengan keyword yang multitafsir tanpa proses briefing dengan jelas di awal
6. Pengiriman Artikel
- Proses pengiriman artikel dilakukan dengan media berupa Google Drive
- Mediapenulis akan mengirimkan link Google Drive untuk selanjutnya penulis akan melakukan upload konten artikel secara otomatis ke drive tersebut
- File yang dikirimkan hanya berupa dokumen dengan ekstensi word seperti (docx, doc, dan docs) pengiriman dalam bentuk yang lain wajib memberitahu saat proses briefing
7. Jenis Layanan dan Artikel
- Secara umum jenis layanan yang kami sediakan adalah
- Layanan penulisan artikel SEO/Website dalam bahasa Indonesia
- Layanan penulisan artikel SEO/Website dalam bahasa Inggris
- Layanan penulisan artikel SEO/Website dalam bahasa lain (Menyesuaikan kapasitas penulis)
- Layanan riset keyword
- Layanan pengelolaan website
- Layanan copywriting dan konten landing page
- Jenis topik/tema tidak kami terima yang berkaitan dengan :
- Pornografi dan atau review produk-produk dewasa
- Politik
- Berita yang belum jelas kebenarannya / hoax
- Perjudian dan atau review produk yang berkaitan dengan perjudian
- Topik rasisme
- Peperangan
- Alkohol
8. Garansi
- Klien bisa memberikan informasi terkait ketidakpuasan atas ketidakcocokan tentang apa yang diterima dengan apa yang kami tawarkan di social media kami
- Apabila hal tersebut kami benarkan maka kami akan memberikan ganti rugi atas temuan tersebut
- Prinsip “customer satisfication” selalu kami tegakkan guna memberikan pelayanan semaksimal mungkin
Jakarta, 7 Agustus 2022
Direksi Mediapenulis.id