9+ Strategi Pemasaran Cafe, Dijamin Ramai! – Media Penulis

9+ Strategi Pemasaran Cafe, Dijamin Ramai!

square brown wooden table

Anda seorang pemilik cafe? Mau coba mengembangkan cafe secara efektif? Tentu saja Anda membutuhkan strategi pemasaran yang lebih efektif.  Simak ulasan di bawah ini terkait strategi pemasaran cafe yang dijamin jitu.

Melakukan pemasaran cafe memiliki cara yang berbeda dari tempat  lainnya, oleh sebab itu Anda harus paham terkait strategi yang tepat!

Inilah 9 Strategi Pemasaran Cafe 

Sedang mencoba membangun dan mengelola usaha cafe agar ramai dikunjungi para pengunjung? Anda bisa melakukan beberapa strategi di bawah ini. 

Bangun Brand Awareness

Pertama sebagai salah satu kunci yang sangat penting dalam mengembangkan segal bisnis termasuk bisnis cafe adalah dengan membangun brand awareness

Brand awareness atau kesadaran merek yang menunjukan seberapa jauh masyarakat dalam mengenal dan mengingat brand cafe Anda. jadi, sejauh apa pun pelanggan akan tetap memilih Anda sebagai langganannya.

Dalam membangun brand awareness terdapat banyak cara, seperti membangun identitas yang unik, salah satunya dengan kemasan menu cafe seperti cup atau dengan neon box yang menarik di depan cafe Anda.

Bangunlah brand awareness cafe Anda sekuat mungkin, dengan begitu pelanggan tidak akan beralih.

Memasang Iklan 

Strategi selanjutnya  yakni dengan memasang iklan. Bisnis tidak akan pernah lepas dari iklan, sebab dengan iklan bisnis usaha Anda dapat dikenali oleh banyak orang.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam memasang iklan terutama di jaman sekarang dengan ragamnya inovasi teknologi. 

Ada banyak sekali platform digital yang bisa Anda gunakan dalam memasarkan bisnis cafe selain dengan menggunakan periklanan konvensional, mulai dari Ads hingga media sosial.

Dengan memasang iklan Anda bisa menarik perhatian para calon pelanggan sehingga cafe Anda akan menjadi lebih ramai daripada biasanya.

Ciptakan Cita  Rasa pada Menu Cafe

Menciptakan cita rasa pada menu cafe adalah hal yang tak kalah wajibnya untuk Anda perhatikan. Dengan penawaran menu cafe yang memiliki cita rasa unik dan lezat dapat membuat pelanggan kecanduan untuk terus mencoba varian menu di cafe Anda.

Tak hanya cita rasa pada menu-menu yang ditawarkan, Anda pun harus menciptakan penyajian yang unik dan keren. Penyajian makanan merupakan nilai plus untuk membuat pelanggan terkesan dengan cafe Anda.

Penyajian dan menu yang unik serta lezat akan membuat orang lebih mudah mengingat kafe Anda. salah satu caranya Anda bisa mengadopsi menu makanan luar negeri yang dimodifikasi dengan lidah orang Indonesia, tentu saja Anda harus memiliki daya kreatif yang tinggi untuk melakukannya.

Jangan lupakan juga pelayanan cafe yang harus ramah dalam melayani para pelanggan untuk membuatnya betah.

Bagikan Sampel dan Brosur

Anda bisa membagikan sample menu spesial secara percuma sekaligus brosur yang berisi promo di depan cafe untuk menarik pelanggan datang ke cafe Anda. ini termasuk trik yang cukup efektif.

Lebih baik lagi jika mengakrabkan diri bersama calon pelanggan sehingga mereka masuk ke kafe dan berakhir dengan menyantap menu cafe Anda. 

Buat Konsep Cafe yang Unik dan Menarik

Selain itu, agar pemasaran cafe Anda semakin berhasil Anda bisa membuat cafe menjadi pusat perhatian pelanggan dengan mengubah konsepnya menjadi unik dan menarik.

Konsep cafe yang biasa-biasa saja tidak akan bisa bersaing dengan kafe-kafe lain yang memiliki konsep unik dan menarik untuk mengikat para pelanggan.

Anda bisa mengubah kafe dengan gaya unik dan berbeda dan terbilang instagramable untuk saat ini. mulai dari mendesain ruang interior dan eksterior. 

Di saat ini, Anda akan dengan lebih mudah menemukan konsep gaya baru kafe dengan melihat pesaing di luar sana mulai dari mengusung konsep vintage, gaya klasik ataupun lainnya.

Buatlah para pelanggan yang mengunjungi cafe Anda menjadi terkesan dengan konsep kafe yang dibuat dengan begitu pemasaran cafe menjadi berhasil.

Biasanya orang-orang akan menceritakan momen berkesannya dengan rekan atau keluarganya, maka dari itu akan membuat pengunjung cafe Anda menjadi semakin ramai.

Lakukan Promo dan Diskon

Jangan lupa, Anda bisa melakukan promosi dan diskonan, cara ini cukup ampuh untuk menarik banyak para pelanggan.

Salah satu contohnya Anda bisa memberikan penawaran fasilitas promo diskon, ataupun kartu member dan lainnya. 

Ketika kafe Anda berada dalam kondisi yang sepi dengan pengunjung, Anda bisa memanfaatkannya dengan mengadakan promo atau diskon untuk menarik kembali para pelanggan.

Mengadakan Program atau Event

Selain dengan mengadakan promo atau diskon, Anda bisa mengadakan program atau event-event seru dalam menarik perhatian para pengunjung. 

Salah satu program yang bisa Anda pilih untuk cafe kesayangan, Anda bisa menyewa spot khusus semisalnya tempat berfoto. Hal ini pasti akan menarik banyak pengunjung terutama kalangan para remaja.

Selain itu, Anda bisa menambahkan live streaming musik di tempat kafe Anda dijamin cafe menjadi lebih ramai dari biasanya.

Sesekali mengadakan event atau acara menarik pun bisa jadi strategi yang sangat tepat, lho! misalnya, mengadakan acara di hari-hari besar seperti Agustusan atau tahun baru.  

Bekerja Sama dengan Komunitas

Bekerja sama dengan komunitas bisa jadi strategi pemasaran yang tepat apalagi ini merupakan hubungan simbiosis mutualisme di mana Anda sebagai pemilik cafe dan komunitas sama-sama diuntungkan.

Ketika Anda menghimpun sebuah komunitas ke dalam cafe Anda, maka Anda pun bisa memiliki jaringan pelanggan yang lebih loyal.

Pernah mendengar sebuah cafe yang dijadikan fanbase oleh sebuah komunitas semisalnya suporter  bola yang menyelenggarakan acara nonton bareng? Atau sejenis komunitas lainnya yang mengadakan acara-acara penting di cafe?

Nah trik ini akan sangat membantu Anda dalam memasarkan usaha cafe. Tidak ada salahnya kan mencoba trik satu ini untuk mengembangkan usaha Anda siapa tahu ini cara yang sangat efektif.

Manfaatkan Layanan Media Sosial dan Layanan Digital 

Trik terakhir yang bisa Anda gunakan adalah dengan memanfaatkan media sosial atau sejenis layanan digital lainnya untuk mengembangkan usaha cafe Anda. 

Semisalnya, dalam melakukan promosi dan pengumuman penting terkait cafe Anda. Dengan ini akan semakin mudah dan cepat tersampaikan.

Seperti kita tahu, ada banyak kalangan yang menggunakan sosial media dan ini akan sangat memudahkan Anda dalam mendekatkan diri kepada para pelanggan.

Anda bisa membuatkan akun media sosial semisalnya Instagram atau Facebook agar pelanggan pun bisa mendapatkan informasi yang lebih mudah dan cepat. 

Anda bisa mengelola akun media sosial tersebut dengan mengisi konten-konten tentang cafe Anda seperti menu cafe yang menarik atau membuat promosi di akun tersebut.

Nah itulah beberapa strategi pemasaran cafe yang bisa Anda coba. Dengan melakukan strategi yang tepat, Anda bisa mengolah dan mengembangkan cafe secara optimal. Semoga strategi di atas bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar