9+ Strategi Marketing untuk Cafe dan Resto – Media Penulis

9+ Strategi Marketing untuk Cafe dan Resto

Keuntungan jelas menjadi hal yang penting untuk banyak orang. Apalagi jika Anda melakukan berbagai macam bisnis, untuk keuntungan sendiri, banyak strategi yang harus dipahami. Anda mempunyai kesempatan untuk lebih banyak pendapatan dengan menggunakan cara sesuai. Salah satu caranya dengan memanfaatkan strategi marketing untuk cafe dan resto

Bila Anda ingin keuntungan yang jauh lebih besar untuk diperoleh, ada beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan. Membuka restoran atau juga cafe sudah menjadi langkah yang sesuai. Hanya saja, pemasaran tetap harus dilakukan untuk memperoleh lebih banyak pelanggan. Bagaimana caranya? Yuk, gunakan langkah sederhana seperti beberapa strategi di bawah ini. 

Ini 8 Strategi Marketing untuk Cafe dan Resto 

Pemasaran dari mulut ke mulut pastinya menjadi jenis strategi yang digunakan oleh semua orang. Sayangnya, cara yang satu ini tidak lagi efektif untuk dimanfaatkan seperti dulu. Hampir semua orang membesarkan bisnisnya dengan menggunakan langkah online. Anda dapat memanfaatkan beberapa strategi mudah ini.

Manfaatkan sosial media 

Anda dapat menggunakan langkah mudah dengan memanfaatkan sosial media. Sebenarnya, selera makan orang juga dapat ditingkatkan dengan gambar. Anda juga dapat menggunakan video dalam melakukan promosi. Cukup isi konten dengan suasana cafe atau juga restoran Anda. Anda dapat membuat video atau mengambil foto dari makanan atau juga minuman yang tersedia.

Untuk melakukan promosi seperti ini, gunakan hasil video yang berkualitas. Ambil gambar yang mempunyai kualitas jernih sehingga lebih banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan. Anda harus mengambil potret dari banyaknya desain menarik. Intinya, buat calon pelanggan merasa bahwa tempat Anda tepat digunakan nongkrong dan lain sebagainya. 

Buat website 

Strategi marketing untuk cafe dan resto lainnya yang dapat dilakukan adalah membuat website. Orang akan mendapatkan informasi yang jelas dengan membuka dalam website Anda. Buat semua orang lebih mudah mengakses informasi yang Anda berikan. Jadi, tidak kesulitan untuk memperoleh keuntungan sendiri dari akses online orang-orang. 

Dalam membuat website, pastikan kalau Anda harus mencantumkan berbagai macam data secara jelas. Masukkan nomor telepon atau juga WhatsApp. Anda juga dapat memasukkan kontak lainnya jika memang ada. Berikan alamat lengkap dari restoran untuk kejelasan tempat. Anda juga harus memberikan informasi dasar seperti jam buka atau jam sibuk. Buat tampilannya menarik juga. 

Royalty Program 

Cara sederhana lainnya yang sudah banyak digunakan sekarang ini adalah memanfaatkan royalty program. Dalam langkah yang satu ini, Anda dapat mendaftarkan Cafe atau juga restoran ke berbagai macam aplikasi. Setelah itu, aplikasi online seperti Gojek atau juga Grab akan mempromosikan bisnis Anda dengan program tertentu. 

Buat program menarik yang dapat membuat orang lain menjadi pelanggan restoran Anda.  Pastikan kalau Anda memberikan bentuk promosi yang jelas. Misalnya, berikan penawaran dimana akan mendapatkan makan gratis setelah makan sebanyak 10 kali. Berbagai macam promosi dari lebih banyak aplikasi dapat menjangkau banyak pelanggan untuk bisnis Anda juga. 

Pasang iklan dalam koran 

Memasang iklan dalam koran lokal juga menjadi salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan. Banyak orang yang merasa bahwa strategi marketing untuk cafe dan resto ini cukup sulit menarik perhatian. Pasalnya, siapa lagi yang masih membaca koran di zaman sekarang ini? Nyatanya, iklan dalam koran lokal dapat menjadi media yang efektif. 

Caranya adalah mengisi iklan dengan berbagai macam artikel yang berkaitan dengan  restoran atau juga cafe Anda. Dalam artikel, usahakan untuk membahas mengenai suasana apik dari bisnis Anda. Kemudian, tambahkan deskripsi secara detail berkaitan dengan lezat-nya makanan. Cara ini cukup ampuh sehingga pembaca artikel merasa tergiur. 

Tawarkan promosi 

Dalam menarik perhatian dari calon pelanggan, Anda dapat menawarkan berbagai macam bentuk promosi. Pemasaran ini adalah cara yang paling efektif dan membuat Anda jauh lebih dikenal oleh masyarakat. Cukup gunakan diskon beberapa persen untuk menarik perhatian. Anda dapat memberikan diskon mulai dari 50 hingga 70 persen. 

Apabila sedang ada tanggal tertentu yang biasanya dirayakan seperti valentine. Maka, Anda harus menggunakan kesempatan ini untuk melakukan promosi. Hampir semua orang suka dengan harga diskon atau potongan. Kemudian, untuk mempertahankan pelanggan yang sudah berhasil datang, Anda dapat memastikan kualitas masakan juga tinggi. 

Gelar acara di tempat Anda 

Strategi marketing untuk cafe dan resto selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menggelar berbagai macam acara. Anda dapat melakukan acara yang menarik perhatian banyak orang. Misalnya, bedah buku dengan guest star yang banyak disarankan. Cara lainnya yaitu dengan nonton bareng atau juga melakukan diskusi. 

Langkah promosi ini sangat cepat karena langsung mendatangkan banyak orang. Pelanggan yang datang pasti akan membeli produk yang ditawarkan. Baik makanan atau minuman pasti laris karena setiap orang membeli. Mustahil halnya jika orang menyaksikan acara tanpa membayar apapun. Apalagi jika produk yang ditawarkan menarik, pembelian akan semakin laris lagi. 

Mengirim email 

Anda juga dapat menggunakan alamat surel sebagai langkah pemasaran yang tepat. Tidak menjadi hal yang salah untuk menawarkan pengunjung mengisi form data diri. Ingat untuk menawarkan dengan baik dan bukan memaksa data harus diisi. Masukkan email dan juga nomor telpon sebagai data yang diperlukan. Dengan adanya data ini, Anda dapat mengirimkan email pemberitahuan. 

Jadi, semua informasi berkaitan dengan event yang ada dalam cafe atau restoran Anda akan langsung diketahui oleh pengunjung. Pelanggan dapat mengajak temannya untuk datang ke tempat Anda. Selain itu, dalam pengiriman email, Anda harus menggunakan konten yang jauh lebih menarik. Penting halnya untuk tidak mengirim email setiap hari karena akan mengganggu pelanggan. 

Manfaatkan influencer 

Influencer sudah menjadi langkah yang paling cepat untuk membuat restoran atau cafe mendadak ramai. Anda harus memilih selebgram atau juga seleb TikTok yang sudah banyak digunakan. Cari yang terbukti dapat memberikan banyak keuntungan kepada Anda.  Anda dapat melihat dari daftar portofolio yang ada. Cari juga YouTuber yang memungkinkan keuntungan dalam bisnis. 

Dengan memilih beberapa endorser yang dapat mengerjakan brief pesanan Anda dengan baik. Maka, keuntungan akan menjadi jauh lebih besar juga. Anda dapat menyisihkan beberapa dana untuk menggunakan jasa promosi. Apalagi jika menemukan yang sudah mempunyai banyak pengikut dan ulasan baik. Pastinya, jauh lebih baik lagi dalam memberikan hasil untuk Anda.

Tentunya, beberapa strategi marketing untuk cafe dan resto ini dapat Anda gunakan dengan mudah jika ingin berbagai macam keuntungan. Anda dapat memanfaatkan langkah ini dalam pemasaran bisnis Anda sehingga dikenal oleh lebih banyak orang lagi. 

Tinggalkan komentar