9 Cara Closing di Whatsapp yang Mudah untuk Dilakukan – Media Penulis

9 Cara Closing di Whatsapp yang Mudah untuk Dilakukan

Closing menjadi salah satu teknik yang penting untuk dikuasai oleh para pebisnis. Anda yang baru saja memulai bisnis juga dapat mempelajari hal ini untuk mendapatkan keuntungan sendiri. Tidak semua orang dapat menguasai cara closing di Whatsapp dengan baik. 

Namun, untuk memperoleh lebih banyak keuntungan dalam bisnis, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menggunakan beberapa langkah sederhana. Anda hanya perlu mempelajari cara tepat yang membantu Anda mendapatkan keuntungan. Yuk, baca artikel hingga akhir sehingga tidak akan merasa bingung nantinya.

9 Cara Closing di Whatsapp 

Dalam closing, ada beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan. Beberapa cara yang ada ini cenderung umum  dan berhasil digunakan oleh banyak orang. Sudah pasti halnya mendapatkan  uang lebih cepat jika mengetahui teknik mengakhiri transaksi yang tepat. Gunakan beberapa cara ini dalam closing penjualan. 

Menguasai percakapan 

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menguasai percakapan yang ada. Anda harus dapat membuat ruang percakapan terisi dengan baik. Mulai obrolan dengan bertanya jauh lebih dulu. Ada baiknya jika Anda tidak hanya menjawab saja. Dengan begitu, suasana chat akan jauh lebih baik. Cara ini akan membentuk ikatan emosional dengan para pembeli. 

Berikan pujian

Memberikan pujian juga membuat konsumen merasa jauh lebih nyaman. Anda membuat konsumen merasa jauh lebih senang dan dihargai dengan memberikan komentar baik. Bahkan, jauh lebih baik jika Anda dapat bertanya dengan kalimat yang terasa sopan. Bila perlu, puji berbagai macam pilihan atau pertanyaan yang dilontarkan oleh pembeli. 

Jauh lebih baik lagi jika Anda memberikan pujian menyesuaikan dengan produk yang sedang dicari. Misalnya, ‘Kakak akan jauh lebih cantik menggunakan bando Korea’. Bahkan, bentuk pujian ini dapat menjadi sebuah sugesti untuk calon konsumen. Beberapa juga akan merasa bahagia dan merasa lebih percaya diri sehingga melakukan pembelian pada produk Anda. 

Buat calon konsumen butuh produk 

Dalam cara closing di Whatsapp, penting halnya untuk membuat calon konsumen merasa butuh dengan produk yang Anda tawarkan. Anda dapat menggunakan langkah mudah dengan menarik perhatian konsumen. Apabila ada konsumen yang chat untuk bertanya mengenai produk Anda. Maka, hal ini berarti konsumen merasa tertarik dengan produk yang dijual. 

Untuk membuat transaksi dapat terjadi,  Anda harus memberikan edukasi kepada konsumen terkait dengan produk secara detail. Tunjukkan manfaat dan berbagai macam keuntungannya. Bahkan, Anda dapat memberikan video testimoni dalam penggunaan produk. Dengan mengetahui daftar keuntungan yang sesuai keinginan, konsumen akan merasa butuh produk Anda. 

Berikan hadiah 

Langkah mudah lainnya yang dapat Anda lakukan adalah memberikan hadiah kepada konsumen. Surprise seperti ini membuat mereka merasa senang dan akan melakukan pembelian kembali.  Misalnya, jika sudah closing, Anda dapat langsung memberikan hadiah. Tidak harus jenis hadiah yang besar untuk diberikan kepada konsumen, hal ini bergantung kepada Anda sebagai pemilik bisnis. 

Penawaran yang dapat Anda berikan biasanya adalah free ongkir untuk pembelian selanjutnya. Anda juga dapat memberikan penawaran lainnya seperti diskon hingga produk tambahan. Semua hadiah dengan tujuan menarik simpati konsumen ini tidak membutuhkan banyak biaya. Dengan memberikan bonus yang tidak diberikan toko lain, Anda sudah mendapatkan nilai plus. 

Berikan pertanyaan dengan baik 

Cara closing di Whatsapp lainnya yang dapat Anda lakukan adalah memberikan pertanyaan dengan baik. Jangan bertanya seolah memaksa konsumen melakukan pembelian. Selain itu, Anda tidak boleh langsung bertanya kepada intinya seperti keputusan pelanggan. Contohnya adalah ‘Beli atau tidak kak?’ Hal ini terkesan tidak sopan dan dapat membuat calon konsumen kesal. 

Manfaatkan teknik jika-maka 

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah menguasai teknik jika-maka. Anda harus membuat pelanggan dapat langsung melakukan action. Lalu, bagaimana langkah yang tepat untuk dilakukan? Beri tahu kemungkinan kenaikan harga jika tidak beli dalam beberapa hari ke depan. Anda juga dapat menggunakan langkah lain dengan teknik yang satu ini. 

Namun, dalam memberikan berbagai macam pernyataan jika ini, Anda harus menyesuaikan dengan kebenaran yang ada. Jangan pernah katakan jika promosi akan berakhir dalam waktu 24 jam jika besok masih ada.  Penipuan seperti ini dapat membuat pelanggan kesal dan tidak melakukan pembelian lagi. Anda bahkan dapat dicap sebagai penipu dan teknik tidak dapat digunakan lagi. 

Penjual mengakhiri percakapan 

Sikap sopan adalah hal yang harus dijunjung tinggi dalam bisnis. Untuk melakukan closing dengan baik, pastikan kalau Anda menjadi pihak yang mengakhiri percakapan. Maksud dari pernyataan ini adalah orang yang terakhir kali mengirimkan chat.  Jangan sekali-kali memotong pertanyaan yang diberikan oleh pelanggan. Namun, tunggu hingga pertanyaan masuk lengkap. 

Setelah semua pertanyaan sudah dijawab dan pelanggan memang memutuskan cukup. Maka, Anda dapat mengirimkan terima kasih untuk menghargai pelanggan. Bahkan, begitu juga kepada pelanggan yang marah-marah kepada Anda. Jika pelanggan memang balas lagi, berikan stiker sehingga Anda adalah orang yang mengakhiri sesi chat. 

Ciptakan kesan produk terbatas 

Membuat produk terbatas adalah hal yang penting untuk dilakukan. Tidak jauh beda dengan langkah jika maka yang sebelumnya dimanfaatkan. Cara closing di Whatsapp ini juga tidak mempunyai perbedaan yang terlalu jauh. Anda harus membuat produk tampak cepat habis.  Namun, bukan melakukan penipuan dari teknik yang satu ini. Memang harus menyesuaikan kondisi lapangan. 

Misalnya, memberikan informasi hari diskon hanya hingga saat ini saja. Selain itu, katakan juga jumlah produk yang ada dalam stok. Jika memang pelanggan sedang membutuhkan produk Anda, pembelian akan segera dilakukan. Pastinya, ia juga tidak ingin kehabisan stok produk yang sedang diskon. 

Manfaatkan Lead Magnet 

Lead magnet menjadi salah satu cara penting lainnya yang dapat digunakan dengan mudah untuk mendapatkan keuntungan. Anda dapat menarik perhatian banyak pelanggan menggunakan langkah ini. Upaya menarik konsumen dari cara ini jauh lebih cepat daripada promosi ulang. Anda dapat memberikan promo pada tanggal tertentu. 

Biasanya, orang juga akan memberikan produk gratis kepada para pelanggannya ketika membeli sepuluh kali. Anda juga dapat membuat berbagai macam informasi spoiler produk baru.  Berikan diskon setiap 3 bulan atau juga gratis ongkir. Langkah seperti ini juga mengundang daya tarik dari para konsumen untuk melakukan pembelian. 

Yang paling penting dalam cara closing di Whatsapp adalah kesabaran dan juga komunikasi yang baik. Anda tidak boleh memarahi konsumen apapun yang terjadi. Bagaimanapun, konsumen merupakan raja sehingga harus dilayani dengan baik. Jangan membuat konsumen kesal dan batal melakukan pembelian karena balasan yang Anda berikan. 

Baca Juga : Harus Tahu! cara closing di facebook Biar Makin Cuan

Tinggalkan komentar